Jumat, 22 April 2011

riweh euy (saigon)

apa yang menarik dari Ho chi minh city yang lebih populer dengan panggilan saigon ini? budaya komunisnya, jejak perang saudara atau delta mekong? semuanya benar. 3 hal di atas sangat menggoda untuk ditelisik dari perjalanan ke Vietnam. tapi ternyata ada beberapa penampakan yang lebih menarik lagi dan cukup mudah dijumpai di tengah kota saigon. apakah itu?

kota motor

 saya menginap di sekitaran pha ngu lao di distrik 1 yang merupakan sentra backpackernya saigon. bermukim di wilayah ini berarti bersiap siap menerima keriuhan motor-motor yang berlalu lalang. banyak sekali kendaraan roda dua yang melintasi jalanan sekitaran distrik 1. mungkin perbandingannya 12:1. dan tidak hanya di distrik 1 yang penuh oleh motor, di beberapa tempat lain pun juga jamak ditemui.

pejalan kaki lah yang ketiban sialnya. sangat susah menyebrang ke sisi jalan lainnya. saya juga merasakannya bersama teman-teman seperjalanan,; heru, fera, marina, ucup. kami sempat linglung memikirkan bagaimana caranya melintas. akhirnya kami mendapat saran dari seorang teman yang lama menetap di vietnam. berikut tipsnya:
   - jangan terlalu pedulikan kendaraannya.
jika terus menunggu motor sepi, butuh waktu berjam jam untuk melintas. jadi, menyeberang saja saat itu juga
   - terus saja, jangan pernah berhenti saat sedang menyeberang
kita kadang terlalu takut ketika sudah berjarak begitu dekat dengan motor hingga menghentikan langkah bahkan mundur lagi. tapi, di saigon, malah berhenti ditengah jalan yang berbahaya. pengendara motor disana akan langsung mengalah dan menghindar ketika kita mulai menyeberang.

saigon connection

ketika berkunjung ke distro di pha ngu lao, saya menemukan sebuah baju bergambar menarik. baju tersebut bergambar sudut kota saigon dengan tiang listrik yang kabelnya sangat semarak. di atas gambar, ada tulisan "saigon connector". tampaknya baju ini merupakan sindiran untuk kondisi perkabelan di saigon. hampir ditiap sudut kota, kabel kabel listrik berserakan tidak beraturan diatas tiangnya. tidak terbayangkan oleh saya, bagaimana memperbaiki kabel yang rusak dan merawat kabel-kabel "liar" tersebut. bagaimana kalau terjadi arus pendek? 


inilah menariknya saigon bagi saya. rumit, ribet atau kalau kata orang sunda, riweh. susahnya menyeberang jalan dan berantakannya kabel-kabel listrik. riweh euy!

--------------------------------------------------------------
sekret tercinta , 4.50 am

1 komentar:

  1. Keren euy bisa jalan2 ke vietnam. Mudah2an dapat keberanian juga buat bisa backpacking ke mana

    BalasHapus