Kamis, 13 Januari 2011

sumatera overland



Kalau dari namanya, teman-teman mungkin membayangkan sesuatu yang luar biasa ya? tapi tidak, itu hanyalah judul untuk me leading agar semuanya baca ini tulisan, hehe. jadi begini, saya akan dan sedang melakukan perjalanan ke beberapa tempat di sumatera. menelisik keunikan budaya, keindahan alam serta kehidupan masyarakat yang tentunya berbeda di setiap kota. sebisa mungkin dengan biaya yang paling murah. sebagian dari kita menyebutnya backpacker. tapi saya enggan menyebut diri backpacker karena hanya menggunakan tas ransel biasa, bukan bacpack untuk jalan-jalan.  :)

terinspirasi untuk mengunjungi 0 KM indonesia di sabang, saya menjadi ingin  ke beberapa tempat sumatera. lho? alasannya, biaya ke sabang langsung amatlah mahal. jadi baiknya tour darat menuju kesana, sekalian saja lihat semuanya. itulah yang terlintas di benak.


ada apa di sumatera? sumatera yang disebut juga pulau emas ini memiliki beragam pesona yang khas di tiap daerahnya. sabang dengan bawah lautnya serta titik 0KM indonesia, aceh dengan syariah islamnya, sumbar dengan ngarainya, nias dengan ombak serta tradisi megalitikumnya, bengkulu dengan bunga langkanya serta belitong dengan pantai yang luar biasa.

Bulan januari 2011, nah, bulan itulah yang terpilih untuk melaksanakan ritual ini (terkesan mistis kan, :D). akan dimulai dari jakarta tanggal 28 des dan kembali lagi ke jakarta tanggal 26 januari. satu bulan lamanya. pemilihan bulan satu karena bertepatan dengan libur perkuliahan.

setelah dapat tanggalnya, saya mencoba menyusun itinerarinya. mulai dari transportasi, akomodasi serta destinasi. beragam informasi yang berserakan di internet coba dikumpulkan. ini dilakukan saat bulan september, awal ide ini tercetus. forum-forum seperti indobackpacker, kaskus, program aku cinta indonesia serta ekspedisi zamrud khatulistiwa saya kunjungi. informasinya di sedot habis habisan. trimakasih ya admin, moderator dan para penulis situs tersebut. itu akan banyak membantu selama perjalanan saya.

dengan otak yang sudah kebanyakan main PS ini, saya coba menerjemahkan isi semua situs tadi. hasilnya, terpilihlah beberapa tempat yang akan saya kunjungi yaitu bengkulu, padang, mentawai, medan, sabang, palembang, babel dan lampung. saya tidak memilih semua tempat yang ada di sumatera. pertimbangannya adalah:
1. waktu dan tenaga, tidak mungkinlah, satu bulan ngelilingin semua sumatera. itulah mengapa enggano tidak masuk. kapal kesana hanya ada hari rabu dan sabtu. jadi minimal kita akan menghabiskan waktu 4 hari di pulau itu saja.
2. objek wisata, untuk daerah yang minim atau bukan daerah wisata, saya akan berfikir 3 kali. daerah ini antara lain: riau dan jambi
3. biaya, kepulauan riau terpaksa diacuhkan. pulau-pulau ini butuh akomodasi yang mahal. duit darimana toh? padahal luar biasa ciamiknya wilayah ini.
4. keamanan, nias tidak saya masukkan karena gamang akan keamanannya. banyaknya cerita yang beredar tentang pulau ini. bagaimana watak masyarakatnya menjadi pertimbangan juga. dikemudian hari saya mengetahui kalau cerita orang tentang nias tidak benar adanya seiring perjalanan ini. nantikan :D
tempat wisatanya sudah di list, sekarang yang agak sulit adalah mencari akomodasinya.

akhirnya saya pasrah dengan penginapan. menginap dimanapun boleh lah. nanti tanya sana-sini saja ketika sampai di tempat tujuan. informasi tentang penginapan sebenarnya sudah didapatkan, tapi harga yang ditawarkan masih di atas daya sewa. jadinya tidak terpakailah. sedangkan untuk transportasi nantinya saya berfikir akan ada bus antarkota yang bisa di dapat di terminal-terminal di tiap kota. masalah harga relatif  belum bisa didapat gambarannya. saya cuman bisa menerka nerka secara kasar berapa anggarannya. yang harus mendapat perhatian adalah kapal ke pulau. berbeda dengan di darat, transportasi laut punya jadwal yang ketat dan bisa jadi jarang. jadi mau tidak mau, data harus didapat sebelum berangkat. dan, well saya dapat juga, walau sebahagian.

dengan semua ketidak pastian tersebut, saya menganggarkan uang sejumlah 2 juta selama perjalanan ini. ini juga dengan mengabaikan biaya di padang,  karena kampung halaman jadi tidak perlu mengeluarkan uang. hehe 

selanjutnya, mencari teman seperjalanan. berkunjung ke beberapa tempat sendirian? saya pikir bukan ide bagus. nah, mulailah beberapa kawan saya ajak. salah satunya adalah teman yang pernah mengelilingin sumatera. sebahagian mau dan terkumpulah 3 orang yang siap berangkat. sayang, satu per satu mengundurkan diri. mungkin mereka berfikir ini adalah ide yang gila. butuh biaya yang lebih besar dari perkiraan awal menurut mereka. lagi, dikemudian hari saya harus jujur membenarkan perkataan mereka. ini memang ide gila dan bodoh lebih tepatnya!

============================
" jelajahi eropa sampai ujung afrika. rengguk nikmatnya madu ilmu pengetahuan di altar sorbonne. -sang pemimpi- "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar